Guest
Cari
 
 
Suharto
Mengembangkan potensi Mahasiswa dengan Elena
by S. Suharto - Wednesday, 14 September 2016, 16:01
 

Pembelajaran melalui media Elena yang merupakan jenis e-learning dapat memberi kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Materi kuliah yang diberikan dosen dapat berkembang dan menjadi hal menarik  bagi mahasiswa dan dosen dalam proses perkuliahan. Dosen dengan mudah memberikan kuliah secara fleksibel sesuai tuntutan ,pokok bahasannya. Sistem pengelolaaan yang berbasis Moodle ini memungkinkan dosen dan mahasiswa menjalankan perkuliah tidak hanya di kelas saja tetapi bisa  berlanjut ke "dunia lain", dunia maya yang terbentang luas. Mahasiswa bisa memperkaya materi kuliah sesuai petunjuk dari dosen maupun gagasan yang didapat mahasiswa setelah menjalani proses perkuliahan.

Sesuai dengan dunia mahasiswa saat ini aktivitas seperti menerima materi kuliah, mengerjakan tugas/kuis, sampai diskusi   secara daring sebenarnya cukup menarik. Karena,  memang itulah aktivitas anak-anak muda saat ini di dunia maya. Demikian pula dengan dosen. Membuat soal multiple choice bukanlah hal baru. Di sampaing akan memudahkan dalam evaluasi terutama jika memiliki kelas paralel yang cukup banyak. Namun demikian, akan kewalahan jika tidak bisa mengelola jenis evaluasi lain yang tidak sesuai. Akibatnya tujuan pembelajaran tidak tercapai

Hal lain yang menarik dalam perkuliahan dengan Elena ini di samping efisiensi waktu evaluasi, adalah saat diskusi, baik secara daring melalui pesan-pesan maupun forum diskusi di kelas. Pengayaan dengan diskusi yang didapat dari mahasiswa melalui tugas yang  berikan dosen bisa membuat atmosfer akademik kelas menjadi bergairah. Kegairahan ini ditimbulkan oleh  variasi metode pembelajaran  sampai pada "penyegaran materi" yang didapat dari berselancar di dunia maya yang dilakukan oleh para peserta pembelajar.

Selamat Belajar, mahisiswa.

 
Gambar dari FRIMADHONA SYAFRI 132300419
Re: Mengembangkan potensi Mahasiswa dengan Elena
by FRIMADHONA SYAFRI 132300419 - Thursday, 15 September 2016, 11:49
 

saya sangat mengapresiasi tulisan Bapak S.SUHARTO  ini berkaitan dengan pengembangan potensi mahasiswa dengan Elena. Apalagi di Era "serba e-" (electronic) ini, menuntut dan mendesak dunia pendidikan untuk berkembang menggunakan media pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi tingkat tinggi....

BRAVO ELENA..BRAVO Bapak Rektor PROF.DR.FATHUR ROHMAN, M.HUM....BRAVO UNNES..TETAP JAYA DAN MAJU !!!

Untuk menunjang itu semua semoga Bandwidth di UNNES semakin KUAT!!!

My Photo
Re: Mengembangkan potensi Mahasiswa dengan Elena
by GUNADI, S.Pd. 0104516010 - Friday, 16 September 2016, 21:30
 

Mari kita manfaatkan dengan optimal fasilitas pembelajaran yang modern ini dengan gaya belajar masa kini. Dunia maya seakan-akan sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan sehari-hari, apalagi sebagai mahasiswa. Tuntutan tugas akademik dan kebutuhan akan informasi sepertinya sudah mewajibkan kita untuk pandai-pandai menggunakan sarana pembelajaran ini.

Mari manfaatkan, mari ciptakan budaya belajar, dan mari wujudkan perubahan yang lebih baik. terima kasih pak SUHARTO, atas inspirasinya..

Skip Navigation

Navigation


Anda belum login. (Login)
Original theme created by Shaun Daubney

Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi